Welcome to Fitness

Minder Saat Olahraga di Gym? Coba Ikuti 5 Tips Sederhana Ini

2022.07.09 12:23


Keluar dari Hello Sehat?

Anda yakin mau keluar?

Keluar Batal

Hello, !

Terima kasih sudah bergabung bersama komunitas kami. Mau tahu apa saja hal baru di Hello Sehat?

Apa yang Baru?

Lanjut

Bingung memilih olahraga yang sesuai dengan kondisimu? Tanya dokter spesialis di sini!

Kategori Cek Kesehatan Komunitas Booking dokter

Apa keluhan Anda?

Tidak akurat Susah dipahami Yang lainnya
Kirim Opini Saya

Bagikan

Salin Tautan

Salin Baru Home Kebugaran Olahraga Lainnya
Komentar

Sampaikan komentar Anda

Ayo jadi yang pertama komentar!

Gabung Hello Sehat Buat postingan baru

Ayo daftar atau Masuk untuk ikut berkomentar

Minder Saat Olahraga di Gym? Coba Ikuti 5 Tips Sederhana Ini

Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui Dec 18, 2020 Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus

Mungkin Anda sudah sejak lama ingin mencoba olahraga di gym, namun sampai saat ini masih tidak berani dan malu untuk melakukannya. Banyak orang yang mengurungkan niatnya untuk berolahraga di gym karena tak percaya diri. Padahal, seharusnya keinginan untuk mendapatkan berat badan yang ideal, tak terkalahkan dengan rasa tidak percaya diri. Mulai sekarang, cobalah untuk membuat diri Anda lebih percaya diri dengan melakukan tips berikut ini.

Cara agar lebih percaya diri saat olahraga di gym

Jangan sampai rasa minder membuat Anda tak mendapatkan berat badan atau bentuk tubuh ideal yang selama ini Anda idam-idamkan. Lagi pula, bila hal ini juga ditujukan agar tubuh selalu sehat, Anda seharusnya dapat mengenyampingkan perasaan minder tersebut. Tidak mudah memang, namun ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar Anda percaya saat melakukan olahraga di gym.

1. Selalu ingat apa tujuan Anda olahraga di gym

Bila Anda ingin menurunkan berat badan atau membentuk otot, maka berolahraga di gym dapat memudahkan langkah Anda untuk mendapatkan semua itu. Pada awalnya mungkin memang Anda akan merasa tak nyaman karena Anda merasa diperhatikan ketika berolahraga. Namun, cobalah untuk menghilangkan perasaan itu dan nikmati semua latihan yang Anda lakukan. Dengan begitu, Anda akan lupa dengan pandangan orang sekitar.

2. Pilihlah baju yang sesuai dan nyaman

Salah satu hal yang dapat membuat Anda percaya ketika nge-gym adalah baju yang Anda gunakan. Sebagian orang mungkin menganggap bahwa waktu nge-gym adalah waktunya fashion show . Jangan sampai Anda berpikir hal yang sama.

Kenyamanan adalah hal yang paling penting, jadi pilih lah baju yang membuat Anda nyaman selama melakukan olahraga di gym dan jangan lupa untuk menyesuaikannya. Anda bisa memilih baju yang menyerap keringat namun cepat kering, sebab selama berolahraga tubuh Anda pasti akan basah akibat keringat.

3. Menggunakan jasa personal trainer

Sebagian orang lainnya tak percaya diri ketika nge-gym akibat mereka tak tahu apa yang harus mereka lakukan pertama kali saat di gym. Tidak tahu alat yang cocok untuk dimainkan atau tak mengerti bagaimana cara menggunakan alat tersebut.

Untuk mengatasi hal ini, Anda dapat menggunakan personal trainer ketika pertama kali nge-gym. Personal trainer dapat mengarahkan apa yang sebaiknya Anda lakukan pertama kali dan memandu ketika Anda sedang menggunakan suatu alat tertentu. Personal trainer dapat membuat latihan Anda menjadi lebih tepat sehingga hasil yang didapatkan lebih memuaskan. Biasanya, setiap gym terdapat personal trainer -nya masing-masing

4. Ajak teman nge-gym

Mungkin Anda merasa malu dan minder ketika nge-gym sendirian. Bila memang karena hal tersebut, Anda bisa mengajak teman untuk ikut nge-gym bersama. Apalagi, jika teman Anda sudah terbiasa atau setidaknya beberapa kali melakukan olahraga di gym. Tentunya, hal tersebut akan membantu meningkatkan kepercayaan diri Anda saat nge-gym. Anda tak akan merasa terintimidasi karena tidak merasa sendiri.

5. Egois saat nge-gym, bisa bikin percaya diri

Justru, saat melakukan olahraga di gym Anda harus egois. Egois dalam hal ini adalah Anda fokus dengan apa yang menjadi tujuan Anda. Ingat, jika setiap orang yang ke gym sama seperti Anda, mereka ingin mendapatkan badan yang bugar serta tubuh yang ideal. Kebanyakan dari mereka juga akan fokus dengan tujuan mereka masing-masing, sehingga tak sempat untuk memerhatikan orang lain, termasuk Anda.

Bahkan, mungkin orang yang sedang mengangkat beban di sebelah Anda, sebenarnya mempunyai kecemasan dan rasa minder yang sama dengan Anda. Namun ia tetap fokus dengan apa yang dikerjakan sehingga tak peduli dengan perkataan atau pandangan orang lain.

Kalkulator BMI (IMT)

Gunakan kalkulator ini untuk memeriksa Indeks Massa Tubuh (IMT) dan mengecek apakah berat badan Anda ideal atau tidak. Anda juga dapat menggunakannya untuk memeriksa indeks massa tubuh anak.

Apa jenis kelamin Anda?

Laki-laki

Wanita

Berapa usia Anda? (tahun) Berapa tinggi Anda? (cm) Berapa berat badan Anda? (kg) Tujuan Menghilangkan lemak Menjaga berat badan Membangun otot Hitung

Hello Health Group tidak menyediakan saran medis, diagnosis, atau perawatan.

Sumber

EverydayHealth.com. (2017). Gain the Confidence to Work Out . [online] Available at: http://www.everydayhealth.com/fitness/gain-the-confidence-to-work-out.aspx  [Accessed 25 Jul. 2017].

Men’s Fitness. (2017). How to be more confident at the gym . [online] Available at: http://www.mensfitness.com/training/pro-tips/how-be-more-confident-gym  [Accessed 25 Jul. 2017].

Artikel Terkait

Olahraga di Rumah atau Gym, Mana yang Lebih Baik untuk Anda?

11 Kesalahan Saat Nge-gym yang Bikin Anda Tak Juga Kurus (atau Berotot)

Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui Dec 18, 2020 Ditinjau oleh dr. Yusra Firdaus
Share

Hello Sehat ingin menjadi sumber informasi Anda dalam membuat keputusan kesehatan dan agar Anda bisa selalu hidup sehat dan bahagia.

Daftar Sekarang

Follow kami

Kategori Cek Kesehatan Booking Dokter Komunitas

Informasi

Ketentuan Pengguna

Kebijakan Privasi

Kebijakan Editorial dan Koreksi

Kebijakan Iklan dan Sponsor

Panduan Komunitas

Hello Sehat Dan Kemenkes

Hello Sehat

Tentang Kami

Profil Manajemen

Karier

Kontak Kami

Silakan kunjungi situs Hello Health lainnya

©2022 Hello Health Group Pte. Ltd. Hak Cipta Dilindungi. Hello Health Group tidak menawarkan saran medis, diagnosis, atau perawatan.



Vivamus fermentum nibh